About

Membuat Lukisan Matte Lanskap Fantasi dalam Adobe Photoshop

Final product image
What You'll Be Creating
Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan Anda cara untuk membuat sebuah lukisan matte lanskap fantasi bernama "Eagle's Land".
Kita akan mulai tutorial ini dengan membuat sketsa konsep/ide dan kemudian menggabungkan beberapa referensi stok foto dalam Adobe Photoshop. Selama tutorial ini Anda akan belajar cara menggunakan adjustment layer, masking, dan brushes, serta cara mengelola warna dan suasana untuk mencapai hasil yang indah. Anda juga akan belajar cara untuk bekerja dengan banyak grup, membuat pencahayaan, memperhatikan pada detail dan banyak lagi.
Aset yang digunakan selama pembuatan dalam tutorial ini sebagai berikut:
Advertisement
Langkah pertama adalah membuat sketsa ide Anda untuk merencanakan apa yang akan Anda buat. Menggunakan pena tablet dan menggambar di atas  kanvas. Anda dapat menggambar pada kertas menggunakan pensil dan memindai ke komputer Anda jika  lebih akrab bagi Anda. Ide saya adalah untuk membuat pemandangan yang indah dengan unsur-unsur abad pertengahan, ditutupi oleh suasana berkabut dan diterangi oleh sinar matahari. Saya membuat sketsa kasar dalam hitam dan putih, dan kemudian menambahkan beberapa warna:
sketch lines
sketch BW
sketch colored
Dalam sketsa, sumber cahaya utama muncul dari kanan atas pemandangan. Hal ini sangat penting untuk menentukan sumber cahaya yang tepat pada awal, sehingga Anda nantinya dapat memanipulasi dengan benar.
Menemukan foto referensi yang sesuai bukanlah tugas mudah. Sangat penting untuk menemukan foto dengan perspektif yang tepat, bayangan dan cahaya. Berikut adalah foto yang telah dipilih untuk tahap berikutnya.
images sources
Dalam Photoshop, membuat dokumen baru 2200 x 2200 px dan isi dengan warna putih.
new file
Membuka foto lanskap. Menggunakan Move Tool (V) untuk drag ke canvas kita dan convert layer ini menjadi Smart Object.
adding landscape
Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Selective Color dan mengubah pengaturan pada Yellows.
landscape selective color
Drag foto langit 1 ke atas lanskap.
adding sky 1
Klik icon kedua di bagian bawah panel Layers untuk menambah mask pada  layer ini. Menggunakan soft round brush dengan warna hitam (soft black brush) untuk menghapus setiap tepi keras dan membaurkannya secara halus dengan latar belakang:
masking sky 1
Membuka foto pegunungan. Memilih area pegunungan dengan Rectangular Marquee Tool (M).
select mountains
Tambahkan area yang dipilih ini ke atas lanskap.
adding mountains
Menambahkan sebuah mask ke layer ini dan menggunakan soft brush hitam untuk membaurkan pegunungan dengan latar belakang. Tujuannya adalah untuk membuat layer pegunungan muncul lebih dan lebih tinggi daripada lanskap yang ada, dan itu akan membantu untuk menciptakan kedalaman bidang. Anda perlu membuat variasi brush opacity ketika masking untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Anda mungkin memperhatikan bahwa pegunungan harus terlihat seperti ini menjadi kabur dan lebih memudar dibandingkan dengan unsur-unsur lain, seperti mereka berada di jarak yang lebih jauh dari penonton.
masking mountains
Menggunakan  adjustment layer dan diatur sebagai Clipping Mask untuk menyesuaikan warna pegunungan dengan latar belakang. Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Hue Saturation dan menurunkan nilai Saturation ke -86.
mountains huesaturation
mountains huesaturation result
Buka foto batu. Menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk memilih area batu dan menambahkan pada bagian bawah kanan ke gambar utama kita dimana ksatria dan kudanya akan berdiri. Menggunakan Free Transform Tool (Control-T) untuk memutar batuan sedikit.
select rock
adding rock
Ada bayangan yang tidak diinginkan di sudut kanan batu. Untuk menghapus bayangan tersebut, membuat layer baru di atas batu pertama dan ingat atur sebagai Clipping Mask. Pada layer batu, pilih bagian permukaan batu dengan Lasso Tool.
select rock surface
Tekan Control-C untuk copy selection ini. Beri pencahayaan pada layer baru dan tekan Control-V untuk paste area yang di pilih sebagai menandakan bayangan.
hide shade
Menggunakan layer mask untuk berbaur bagian yang di copy pada permukaan dan menyembunyikan bayangan yang tidak diinginkan.
hide shade-masking
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi nilai Master Saturation ke -61. Juga menghapus biru semu di tepi batu dengan menurunkan nilai Blues Saturation ke -82.
rock huesaturation
rock huesaturation 1
Membuat adjustment layer Color Balance dan menaikkan nilai Red dan Yellow pada Midtones.
rock color balance
Menambahkan adjustment layer Curves untuk menggelapkan batu dimana terlalu terang jika dibandingkan dengan latar belakang pada saat ini.
rock curves
Pada layer mask ini, gunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian depan batu yang menangkap cahaya dari langit. Anda dapat melihat hasilnya pada layer mask dan hasilnya pada gambar.
rock curves layer mask
rock curves masking result
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode Overlay 100%, dan dicentang fill with 50% gray.
rock new layer dodge burn
Menggunakan Dodge and Burn Tool (O) dengan Midtones Range, Exposure sekitar 20-30%. untuk menyempurnakan cahaya dan bayangan batu. Menggunakan Dodge Tool untuk mencerahkan bagian depan dan tepi, dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian belakang. Anda dapat melihat bagaimana saya melakukannya dengan mode Normal dan hasilnya dengan mode Overlay .
rock dodge and burn normal mode
rock dodge and burn overlay mode
Menambahkan foto langit 2 ke bagian bawah dokumen dan atur  layer menempatkan antara pegunungan dan layer batu. Kita akan menggunakannya untuk membuat kabut.
adding mist
Menambah mask untuk layer ini, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghaluskan bagian tepi dan mengurangi intensitas kabut.
masking mist
Membuat adjustment layer Color Balance (atur sebagai Clipping Mask) untuk mengubah warna kabut yang hangat.
mist color balance
Membuat adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk meningkatkan jarak penglihatan kabut. Pada layer mask, gunakan soft brush warna hitam untuk menghapus kabut di atas area pohon tanaman.
mist curves
Langkah ini adalah untuk menciptakan jarak antara batu dan bagian dasar lanskap dan meningkatkan kedalaman serta suasana pemandangan.
Buka foto ksatria. Ksatria di gambar ini tampak seolah-olah dia sudah siap untuk pertempuran, sedangkan kita ingin dia tetap tenang untuk menikmati keindahan pemandangan. Itu terlalu sulit untuk menemukan foto dengan pose mirip dengan yang di sketsa, jadi saya memutuskan untuk menggabungkan beberapa foto untuk mendapatkan apa yang saya inginkan.
Pertama menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk memilih ksatria dan punggung kuda, dan kemudian tekan Control-J duplikasi bagian yang dipilih menjadi layer baru. Membuat layer baru antara layer ksatria dan latar belakang, dan mengisi warna  #918989.
isolate knight
Buka foto kuda. Menggunakan Polygonal Lasso Tool (atau alat lainnya yang Anda terbiasa dengannya) untuk memilih kuda dan drag ke gambar ksatria. Menempatkan layer ini di bawah ksatria dan menggunakan Control-T untuk mengecilkan ke ukuran yang sesuai.
select horse
adding horse
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation (atur sebagai Clipping Mask) untuk layer kuda, dan mengatur Saturation ke -55 dan Lightness ke +1.
horse huesaturation
Menambahkan adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menerangi bagian kuda.
horse curves
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Soft Light 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool dan Burn Tool memperbaiki kontras pada kuda: menerangi bagian bayangan dan menggelapkan cahaya menyorot.
horse dodge burn
Membuat layer baru dan menggunakan soft round brush dengan warna #e6e6e6 untuk melukis pada bayangan di bawah kepala kuda untuk menerangi sedikit lagi.  Mengubah layer mode ke Soft Light 100%.
horse lighten shade
Kembali  pada layer ksatria. Menuju ke Edit > Puppet Warp dan drag poin pada lengan dan lengan bawah ke pahanya. Tujuannya adalah untuk membuat lengan terlihat seolah-olah itu memegang tali kekang (kita akan menambahkannya di langkah berikutnya).
knight puppet warp
knight puppet warp result
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100%, dan fill with 50% gray. Menerapkan Dodge Tool dan Burn Tool pada lengan baju dan mantel untuk memperbaiki bayangan/cahaya ada.
 sleeve dodge and burn
Pada layer baru, menggunakan soft black brush dengan Opacity sekitar 40% untuk melukis bayangan pada lengan baju.
sleeve shadow
Membuat layer baru dan mengaktifkan Clone Tool (S), ingat untuk periksa opsi All Layers. Menggunakan alat ini untuk clone di atas lubang antara lengan baju dan mantel di mana dibuat setelah menerapkan Puppet Warp.
coat clone
Buka foto kekang. Mengambil kekang hanya menggunakan Polygonal Lasso Tool dan menambahkannya ke kuda dalam dokumen ksatria. Menggunakan Warp Tool (Edit > Transform > Warp) untuk melengkung kekang sedikit agar sesuai dengan kepala kuda.
select bridle
adding bridle
Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan hard brush warna hitam untuk menghapus detail yang tidak diinginkan.
bridle masking
Membuat adjustment layer Hue/Saturation untuk mengubah warna kekang. Mengubah Saturation ke +20 dan Hue ke -17 untuk mendapatkan warna sama pada kekang.
bridle huesaturation
Menambahkan adjustment layer Curves untuk menggelapkan bagian kekang sedikit. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus efek yang gelap pada area yang sudah gelap.
bridle curves
Membuat dua layer baru di atas semua layer. Pada pertama, menggunakan hard round brush dengan warna #3f1d20, dan pada kedua menggunakan warna yang lebih terang (#a1403c) untuk melukis bagian kekang yang hilang di mana ksatria memegang di tangannya.
bridle painting
Membuat layer baru dan menggunakan hard round brush dengan warna #f8f8f4 dan ukuran sekitar 2–5 px untuk melukis bulu lebih banyak untuk kepala kuda.
horse hair painting
Membuat layer baru dan menggunakan hard round brush dengan warna #decab7 untuk melukis ekor kuda.
horse tail painting 1
Pada layer baru, menggunakan warna lebih terang untuk brush (#f8f8f4) dan melukis bulu yang lebih terang pada bagian ekor.
 horse tail painting 2
Membuat layer baru di bawah tali kekang, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk melukis bayangan kekang di kepala kuda.
bridle shadow
Mematikan latar belakang dan mengisi layer, dan kemudian tekan  Control-Alt-Shift-E untuk menggabungkan semua layer terlihat menjadi satu yang baru.
Memindahkan ksatria ke dalam dokumen lanskap, dan menempatkannya ke batu.
adding knight and horse
Membuat adjustment layer Hue/Saturation untuk ksatria (atur sebagai Clipping Mask) dan mengubah pengaturan pada Reds dan Cyans.
knight huesaturation red
knight huesaturation cyans
Menambahkan adjustment layer Color Balance (atur sebagai Clipping Mask) dan mengubah nilai Midtones.
knight color blanace
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menggelapkan bagian belakang ksatria dan kuda. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian depan mereka ketika sedang diterangi oleh sinar matahari.
knight curves
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool untuk mencerahkan bagian depan ksatria dan kuda, dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian belakang.
knight dodge and burn
Membuat sebuah layer yang baru di bawah layer ksatria. Menggunakan soft brush warna hitam dengan Opacity sekitar 40% untuk melukis bayangan halus kecil di bawah kaki kuda.
knight shadow 1
Nama layer ini "shadow 1".
Kita telah menentukan sumber cahaya dari bagian kanan atas pemandangan, sehingga ksatria dan kuda harus memiliki bayangan di belakang. Membuat layer baru di bawah shadow 1, dan tahan tombol Control sambil klik thumbnail layer ksatria untuk memuat selection.
select knight selection
Isi layer ini dengan hitam (Shift-F5). Menuju ke Edit > Transform > Flip Vertical.
fill knight shadow
Pada layer bayangan ini, menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk memilih kaki belakangnya, dan kemudian klik kanan selection ini dan pilih Layer via Cut.
cut a hind leg shadow
Mengubah kedua layer ini menjadi Smart Objects.  Menggunakan Control-T untuk memutarbalikkan bagian bayangan ini untuk sesuai dengan posisi kaki yang berkorelasi.
shadow transform 1
shadow transform 2
Menurunkan Opacity dari layer bayangan ini ke 50%. Pada setiap layer bayangan, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius ke 4 px.
shadow blur
Menambahkan mask untuk layer bayangan dipotong seperti kaki, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus area yang tumpang tindih dengan bayangan kaki.
shadow masking 1
Menggunakan layer mask untuk mengurangi opacity pada bagian atas layer bayangan:
shadow masking 2
Buka foto istana. Menggunakan Magic Wand Tool (W) untuk memilih istana dan drag ke dokumen lanskap kita. Menempatkan istana di atas pegunungan berkabut.
select castle
adding castle
Menambahkan mask pada layer ini, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus tepi yang keras dan membuatnya pudar pada pegunungan.
masking castle
Membuat adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menggelapkan istana. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian atas istana, sebagaimana mestinya lebih terang dari bawah.
castle curves
Membuat adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi Saturation ke -66.
castle huesaturation
Untuk menyesuaikan kontras istana dengan gunung, menuju ke Layer > New Fill Layer > Solid Color dan mengambil warna dari latar belakang berkabut (#bec2c5). Menurunkan Opacity layer ini ke 60% untuk membuat istana berbaur dengan halus dalam pemandangan.
castle fill layer
castle layer fill result
Buka foto elang 1. Memilih elang menggunakan Magic Want Tool dan menambahkan elang ke sisi kiri gambar. Membalikkan secara horizontal dengan menggunakan Edit > Transform > Flip Horizontal.
select eagle 1
adding eagle 1
Tekan Control-J untuk duplikasi layer ini. Memiindahkan yang duplikat ke bagian bawah tepi pada latar depan dan memperbesar ukurannya.
duplicate eagle 1
Pada layer duplikat elang, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius 8 px.
eagle 1 blur
Membuat semua layer elang terpilih, dan kemudian tekan Control-G untuk menjadi satu grup. Mengubah grup mode dari Pass Through (mode default grup) ke Normal 100%. Untuk menghapus biru semu pada elang, membuat adjustment layer Hue/Saturation pada layer ini. Memilih channel Blues dan mengubah Hue ke +49, Saturation ke -75 dan Lightness ke -38.
eagles 1 huesaturation
Karena grup mode berubah ke Normal 100% (no Pass Through), penyesuaian layer ini hanya mempengaruhi layer dalam grup (elang).
Membuat adjustment layer Color Balance dalam grup, dan mengubah pengaturan Midtones dengan meningkatkan nilai Red dan Yellow. Pada layer mask, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi efek pada adjustment layer pada sayap elang yang lebih besar di latar depan.
eagles 1 color balance midtones
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menerangi elang. Pada layer mask, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian bawah elang untuk menyeimbangkan badan mereka kontras (atas lebih terang, dan bawah lebih gelap).
eagles 1 curves
Membuat layer baru di atas layer elang yang lebih kecil (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool untuk menerangi ekor dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian perut.
eagles 1 dodge and burn
Buka  foto elang 2. Memisahkan elang dari latar belakang menggunakan Magic Wand Tool dan menambahkan ke atas langit, di atas istana.
adding eagle 2
Menggunakan adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menerangi elang.
eagle 2 curves
Membuat adjustment layer Hue/Saturation dan mengubah pengaturan Cyans untung mengurangi warna cyan pada sayap elang.
eagles 2 huesaturation
Membuat  adjustment layer Gradient Map di bagian atas layer, memilih warna #0f264b dan #d3ce97, dan mengubah mode layer ini ke Soft Light 100%.
gradient map soft light mode
Membuat adjustment layer Color Balance, dan mengubah pengaturan Midtones dan Highlights.
color balance midtones
color balance highlights
Menuju ke Layer > New Fill Layer > Solid Color dan memilih warna #2e2001. Mengubah layer mode ke Exclusion 100%.
fill layer exclusion mode
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menggelapkan pemandangan.
curves darken
Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi kontras dari bagian atas pemandangan, kebanyakan pegunungan, pepohonan dan elang.
curves masking
curves result
Membuat layer baru di atas layer, dan mengubah warna latar depan ke #2c1602. Mengambil soft round brush dan melukis di atas pemandangan dimana Anda bertujuan membuat cahaya. Mengubah layer mode ini ke Linear Dodge 100%.
light normal mode and linear dodge mode
Pada layer baru menggunakan mode yang sama, menggunakan brush yang sama untuk melukis pepohonan, pegunungan, istana dan elang pada bagian tengah.
adding light 2
Mengubah warna brush ke #dccdc0 dan mulai melukis cahaya pada bagian depan batu, ksatria dan kuda. Juga menggunakan brush yang sama untuk melukis pohon, istana, dan bagian sisi pegunungan dimana tertangkap cahaya. Mengubah layer mode ke Overlay 100%.
light effect normal mode
light effect overlay mode
Mengubah jenis brush sinar cahaya dan warna ke #fdf3ea. Memilih brush yang Anda suka dan melukis di atas canvas.
paint light ray
Menggunakan Control-T untuk mendistorsi cahaya sedikit, dan menempatkannya di area sinar matahari.
distort light ray
Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian sinar cahaya yang tidak diinginkan, seperti di bagian belakang pegunungan, elang yang di tengah, dan batu.
light ray masking
Untuk melembutkan cahaya sedikit, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius 6 px.
light ray softening
Membuat adjustment layer Gradient Map dan pilih warna #db9d68 dan #2c1602. Mengubah layer mode ini ke Soft Light 100%.
gradient map soft light 2
Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi efek Gradient Map pada sisi pemandangan.
gradient map layer mask
gradient map result
Membuat adjustment layer Channel Mixer dan mengubah pengaturan Red.
channel mixer red
Atur  layer mode ini ke Soft Light 50%. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush untuk mengurangi efek adjustment layer ini pada area matahari dan belakang batu.
channel mixer soft light mode
Buat adjustment layer Selective Color dan mengubah nilai untuk YellowsGreens dan Neutrals.
selective color yellows
selective color greens
selective color neutrals
Membuat adjustment layer Vibrance untuk meningkatkan warna.
vibrance adjustment 1
Menggunakan adjustment layer Selective Color lainnya untuk menambahkan warna biru/magenta pada pemandangan.
selective color reds yellows cyans blues magentas neutrals
selective color result
Membuat adjustment layer Photo Filter dan memilih warna #01e9ec.
photo filter
Membuat adjustment layer Vibrance lainnya untuk menaikkan warna.
vibrance 2
Pada layer mask ini menggunakan brush hitam untuk menghapus atau mengurangi efek pada area yang terasa lebih saturated.
vibrance masking
Ini adalah hasil yang Anda mendapati dengan tutorial ini. Saya harap Anda telah menemukan itu berguna dan belajar beberapa teknik baru. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ide, merasa bebas untuk meninggalkan pada kotak komentar di bawah ini.
Final result

0 Comments:

Posting Komentar