Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan Anda cara untuk membuat sebuah lukisan matte lanskap fantasi bernama "Eagle's Land".
Kita akan mulai tutorial ini dengan membuat sketsa konsep/ide dan kemudian menggabungkan beberapa referensi stok foto dalam Adobe Photoshop. Selama tutorial ini Anda akan belajar cara menggunakan adjustment layer, masking, dan brushes, serta cara mengelola warna dan suasana untuk mencapai hasil yang indah. Anda juga akan belajar cara untuk bekerja dengan banyak grup, membuat pencahayaan, memperhatikan pada detail dan banyak lagi.
Dalam sketsa, sumber cahaya utama muncul dari kanan atas pemandangan. Hal ini sangat penting untuk menentukan sumber cahaya yang tepat pada awal, sehingga Anda nantinya dapat memanipulasi dengan benar.
Langkah 1
Dalam Photoshop, membuat dokumen baru 2200 x 2200 px dan isi dengan warna putih.
Langkah 2
Membuka foto lanskap. Menggunakan Move Tool (V) untuk drag ke canvas kita dan convert layer ini menjadi Smart Object.
Langkah 3
Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Selective Color dan mengubah pengaturan pada Yellows.
Langkah 4
Drag foto langit 1 ke atas lanskap.
Klik icon kedua di bagian bawah panel Layers untuk menambah mask pada layer ini. Menggunakan soft round brush dengan warna hitam (soft black brush) untuk menghapus setiap tepi keras dan membaurkannya secara halus dengan latar belakang:
Langkah 1
Membuka foto pegunungan. Memilih area pegunungan dengan Rectangular Marquee Tool (M).
Tambahkan area yang dipilih ini ke atas lanskap.
Menambahkan sebuah mask ke layer ini dan menggunakan soft brush hitam untuk membaurkan pegunungan dengan latar belakang. Tujuannya adalah untuk membuat layer pegunungan muncul lebih dan lebih tinggi daripada lanskap yang ada, dan itu akan membantu untuk menciptakan kedalaman bidang. Anda perlu membuat variasi brush opacity ketika masking untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Anda mungkin memperhatikan bahwa pegunungan harus terlihat seperti ini menjadi kabur dan lebih memudar dibandingkan dengan unsur-unsur lain, seperti mereka berada di jarak yang lebih jauh dari penonton.
Langkah 2
Menggunakan adjustment layer dan diatur sebagai Clipping Mask untuk menyesuaikan warna pegunungan dengan latar belakang. Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Hue Saturation dan menurunkan nilai Saturation ke -86.
Langkah 3
Buka foto batu. Menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk
memilih area batu dan menambahkan pada bagian bawah kanan ke gambar
utama kita dimana ksatria dan kudanya akan berdiri. Menggunakan Free Transform Tool (Control-T) untuk memutar batuan sedikit.
Langkah 4
Ada bayangan yang tidak diinginkan di sudut kanan batu. Untuk
menghapus bayangan tersebut, membuat layer baru di atas batu pertama dan
ingat atur sebagai Clipping Mask. Pada layer batu, pilih bagian permukaan batu dengan Lasso Tool.
Tekan Control-C untuk copy selection ini. Beri pencahayaan pada layer baru dan tekan Control-V untuk paste area yang di pilih sebagai menandakan bayangan.
Menggunakan layer mask untuk berbaur bagian yang di copy pada permukaan dan menyembunyikan bayangan yang tidak diinginkan.
Langkah 5
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi nilai Master Saturation ke -61. Juga menghapus biru semu di tepi batu dengan menurunkan nilai Blues Saturation ke -82.
Langkah 6
Membuat adjustment layer Color Balance dan menaikkan nilai Red dan Yellow pada Midtones.
Langkah 7
Menambahkan adjustment layer Curves untuk menggelapkan batu dimana terlalu terang jika dibandingkan dengan latar belakang pada saat ini.
Pada layer mask ini, gunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian depan batu yang menangkap cahaya dari langit. Anda dapat melihat hasilnya pada layer mask dan hasilnya pada gambar.
Langkah 8
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode Overlay 100%, dan dicentang fill with 50% gray.
Menggunakan Dodge and Burn Tool (O) dengan Midtones Range, Exposure sekitar 20-30%. untuk menyempurnakan cahaya dan bayangan batu. Menggunakan Dodge Tool untuk mencerahkan bagian depan dan tepi, dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian belakang. Anda dapat melihat bagaimana saya melakukannya dengan mode Normal dan hasilnya dengan mode Overlay .
Menambah mask untuk layer ini, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghaluskan bagian tepi dan mengurangi intensitas kabut.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Color Balance (atur sebagai Clipping Mask) untuk mengubah warna kabut yang hangat.
Langkah ini adalah untuk menciptakan jarak antara batu dan bagian dasar lanskap dan meningkatkan kedalaman serta suasana pemandangan.
Langkah 1
Buka foto ksatria. Ksatria di gambar ini tampak seolah-olah dia
sudah siap untuk pertempuran, sedangkan kita ingin dia tetap tenang
untuk menikmati keindahan pemandangan. Itu terlalu sulit untuk
menemukan foto dengan pose mirip dengan yang di sketsa, jadi saya
memutuskan untuk menggabungkan beberapa foto untuk mendapatkan apa yang
saya inginkan.
Pertama menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk memilih ksatria dan punggung kuda, dan kemudian tekan Control-J duplikasi bagian yang dipilih menjadi layer baru. Membuat layer baru antara layer ksatria dan latar belakang, dan mengisi warna
Langkah 2
Buka foto kuda. Menggunakan Polygonal Lasso Tool
(atau alat lainnya yang Anda terbiasa dengannya) untuk memilih kuda
dan drag ke gambar ksatria. Menempatkan layer ini di bawah ksatria dan
menggunakan Control-T untuk mengecilkan ke ukuran yang sesuai.
Langkah 3
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation (atur sebagai Clipping Mask) untuk layer kuda, dan mengatur Saturation ke -55 dan Lightness ke +1.
Langkah 4
Menambahkan adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menerangi bagian kuda.
Langkah 5
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Soft Light 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool dan Burn Tool memperbaiki kontras pada kuda: menerangi bagian bayangan dan menggelapkan cahaya menyorot.
Langkah 6
Membuat layer baru dan menggunakan soft round brush dengan warna
Langkah 7
Kembali pada layer ksatria. Menuju ke Edit > Puppet Warp dan
drag poin pada lengan dan lengan bawah ke pahanya. Tujuannya adalah
untuk membuat lengan terlihat seolah-olah itu memegang tali kekang
(kita akan menambahkannya di langkah berikutnya).
Langkah 8
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100%, dan fill with 50% gray. Menerapkan Dodge Tool dan Burn Tool pada lengan baju dan mantel untuk memperbaiki bayangan/cahaya ada.
Langkah 9
Pada layer baru, menggunakan soft black brush dengan Opacity sekitar 40% untuk melukis bayangan pada lengan baju.
Langkah 10
Membuat layer baru dan mengaktifkan Clone Tool (S), ingat untuk periksa opsi All Layers. Menggunakan alat ini untuk clone di atas lubang antara lengan baju dan mantel di mana dibuat setelah menerapkan Puppet Warp.
Langkah 11
Buka foto kekang. Mengambil kekang hanya menggunakan Polygonal Lasso Tool dan menambahkannya ke kuda dalam dokumen ksatria. Menggunakan Warp Tool (Edit > Transform > Warp) untuk melengkung kekang sedikit agar sesuai dengan kepala kuda.
Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan hard brush warna hitam untuk menghapus detail yang tidak diinginkan.
Langkah 12
Membuat adjustment layer Hue/Saturation untuk mengubah warna kekang. Mengubah Saturation ke +20 dan Hue ke -17 untuk mendapatkan warna sama pada kekang.
Langkah 13
Menambahkan adjustment layer Curves untuk
menggelapkan bagian kekang sedikit. Pada layer mask ini, menggunakan
soft brush warna hitam untuk menghapus efek yang gelap pada area yang
sudah gelap.
Langkah 14
Membuat dua layer baru di atas semua layer. Pada pertama, menggunakan hard round brush dengan warna
Langkah 15
Membuat layer baru dan menggunakan hard round brush dengan warna
Pada layer baru, menggunakan warna lebih terang untuk brush (
Langkah 17
Membuat layer baru di bawah tali kekang, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk melukis bayangan kekang di kepala kuda.
Mematikan latar belakang dan mengisi layer, dan kemudian tekan Control-Alt-Shift-E untuk menggabungkan semua layer terlihat menjadi satu yang baru.
Membuat adjustment layer Hue/Saturation untuk ksatria (atur sebagai Clipping Mask) dan mengubah pengaturan pada Reds dan Cyans.
Nama layer ini "shadow 1".
Isi layer ini dengan hitam (Shift-F5). Menuju ke Edit > Transform > Flip Vertical.
Pada layer bayangan ini, menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk memilih kaki belakangnya, dan kemudian klik kanan selection ini dan pilih Layer via Cut.
Mengubah kedua layer ini menjadi Smart Objects. Menggunakan Control-T untuk memutarbalikkan bagian bayangan ini untuk sesuai dengan posisi kaki yang berkorelasi.
Menurunkan Opacity dari layer bayangan ini ke 50%. Pada setiap layer bayangan, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius ke 4 px.
Menambahkan mask untuk layer bayangan dipotong seperti kaki, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus area yang tumpang tindih dengan bayangan kaki.
Menggunakan layer mask untuk mengurangi opacity pada bagian atas layer bayangan:
Menambahkan mask pada layer ini, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus tepi yang keras dan membuatnya pudar pada pegunungan.
Tekan Control-J untuk duplikasi layer ini. Memiindahkan yang duplikat ke bagian bawah tepi pada latar depan dan memperbesar ukurannya.
Karena grup mode berubah ke Normal 100% (no Pass Through), penyesuaian layer ini hanya mempengaruhi layer dalam grup (elang).
Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi kontras dari bagian atas pemandangan, kebanyakan pegunungan, pepohonan dan elang.
Pada layer baru menggunakan mode yang sama, menggunakan brush yang sama untuk melukis pepohonan, pegunungan, istana dan elang pada bagian tengah.
Menggunakan Control-T untuk mendistorsi cahaya sedikit, dan menempatkannya di area sinar matahari.
Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian sinar cahaya yang tidak diinginkan, seperti di bagian belakang pegunungan, elang yang di tengah, dan batu.
Untuk melembutkan cahaya sedikit, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius 6 px.
11. Penyesuaian Akhir
Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi efek Gradient Map pada sisi pemandangan.
Atur layer mode ini ke Soft Light 50%. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush untuk mengurangi efek adjustment layer ini pada area matahari dan belakang batu.
Pada layer mask ini menggunakan brush hitam untuk menghapus atau mengurangi efek pada area yang terasa lebih saturated.
Kita akan mulai tutorial ini dengan membuat sketsa konsep/ide dan kemudian menggabungkan beberapa referensi stok foto dalam Adobe Photoshop. Selama tutorial ini Anda akan belajar cara menggunakan adjustment layer, masking, dan brushes, serta cara mengelola warna dan suasana untuk mencapai hasil yang indah. Anda juga akan belajar cara untuk bekerja dengan banyak grup, membuat pencahayaan, memperhatikan pada detail dan banyak lagi.
Aset Tutorial
Aset yang digunakan selama pembuatan dalam tutorial ini sebagai berikut:- Lanskap
- Langit 1
- Langit 2
- Pegunungan
- Batu
- Istana
- Kuda
- Kekang
- Ksatria
- Elang 1
- Elang 2
- Brushes Sinar Cahaya
1. Membuat Sketsa Ide dan Menemukan Referensi Foto
Langkah 1
Langkah pertama adalah membuat sketsa ide Anda untuk merencanakan apa yang akan Anda buat. Menggunakan pena tablet dan menggambar di atas kanvas. Anda dapat menggambar pada kertas menggunakan pensil dan memindai ke komputer Anda jika lebih akrab bagi Anda. Ide saya adalah untuk membuat pemandangan yang indah dengan unsur-unsur abad pertengahan, ditutupi oleh suasana berkabut dan diterangi oleh sinar matahari. Saya membuat sketsa kasar dalam hitam dan putih, dan kemudian menambahkan beberapa warna:Dalam sketsa, sumber cahaya utama muncul dari kanan atas pemandangan. Hal ini sangat penting untuk menentukan sumber cahaya yang tepat pada awal, sehingga Anda nantinya dapat memanipulasi dengan benar.
Langkah 2
Menemukan foto referensi yang sesuai bukanlah tugas mudah. Sangat penting untuk menemukan foto dengan perspektif yang tepat, bayangan dan cahaya. Berikut adalah foto yang telah dipilih untuk tahap berikutnya.2. Menambahkan Lanskap Dasar
Langkah 1
Dalam Photoshop, membuat dokumen baru 2200 x 2200 px dan isi dengan warna putih.
Langkah 2
Membuka foto lanskap. Menggunakan Move Tool (V) untuk drag ke canvas kita dan convert layer ini menjadi Smart Object.
Langkah 3
Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Selective Color dan mengubah pengaturan pada Yellows.
Langkah 4
Drag foto langit 1 ke atas lanskap.Klik icon kedua di bagian bawah panel Layers untuk menambah mask pada layer ini. Menggunakan soft round brush dengan warna hitam (soft black brush) untuk menghapus setiap tepi keras dan membaurkannya secara halus dengan latar belakang:
3. Menambahkan Pegunungan dan Batu
Langkah 1
Membuka foto pegunungan. Memilih area pegunungan dengan Rectangular Marquee Tool (M).Tambahkan area yang dipilih ini ke atas lanskap.
Menambahkan sebuah mask ke layer ini dan menggunakan soft brush hitam untuk membaurkan pegunungan dengan latar belakang. Tujuannya adalah untuk membuat layer pegunungan muncul lebih dan lebih tinggi daripada lanskap yang ada, dan itu akan membantu untuk menciptakan kedalaman bidang. Anda perlu membuat variasi brush opacity ketika masking untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Anda mungkin memperhatikan bahwa pegunungan harus terlihat seperti ini menjadi kabur dan lebih memudar dibandingkan dengan unsur-unsur lain, seperti mereka berada di jarak yang lebih jauh dari penonton.
Langkah 2
Menggunakan adjustment layer dan diatur sebagai Clipping Mask untuk menyesuaikan warna pegunungan dengan latar belakang. Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Hue Saturation dan menurunkan nilai Saturation ke -86.
Langkah 3
Buka foto batu. Menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk
memilih area batu dan menambahkan pada bagian bawah kanan ke gambar
utama kita dimana ksatria dan kudanya akan berdiri. Menggunakan Free Transform Tool (Control-T) untuk memutar batuan sedikit.
Langkah 4
Ada bayangan yang tidak diinginkan di sudut kanan batu. Untuk
menghapus bayangan tersebut, membuat layer baru di atas batu pertama dan
ingat atur sebagai Clipping Mask. Pada layer batu, pilih bagian permukaan batu dengan Lasso Tool.Tekan Control-C untuk copy selection ini. Beri pencahayaan pada layer baru dan tekan Control-V untuk paste area yang di pilih sebagai menandakan bayangan.
Menggunakan layer mask untuk berbaur bagian yang di copy pada permukaan dan menyembunyikan bayangan yang tidak diinginkan.
Langkah 5
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi nilai Master Saturation ke -61. Juga menghapus biru semu di tepi batu dengan menurunkan nilai Blues Saturation ke -82.
Langkah 6
Membuat adjustment layer Color Balance dan menaikkan nilai Red dan Yellow pada Midtones.
Langkah 7
Menambahkan adjustment layer Curves untuk menggelapkan batu dimana terlalu terang jika dibandingkan dengan latar belakang pada saat ini.Pada layer mask ini, gunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian depan batu yang menangkap cahaya dari langit. Anda dapat melihat hasilnya pada layer mask dan hasilnya pada gambar.
Langkah 8
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode Overlay 100%, dan dicentang fill with 50% gray.Menggunakan Dodge and Burn Tool (O) dengan Midtones Range, Exposure sekitar 20-30%. untuk menyempurnakan cahaya dan bayangan batu. Menggunakan Dodge Tool untuk mencerahkan bagian depan dan tepi, dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian belakang. Anda dapat melihat bagaimana saya melakukannya dengan mode Normal dan hasilnya dengan mode Overlay .
4. Menambahkan Kabut
Langkah 1
Menambahkan foto langit 2 ke bagian bawah dokumen dan atur layer menempatkan antara pegunungan dan layer batu. Kita akan menggunakannya untuk membuat kabut.Menambah mask untuk layer ini, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghaluskan bagian tepi dan mengurangi intensitas kabut.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Color Balance (atur sebagai Clipping Mask) untuk mengubah warna kabut yang hangat.Langkah 3
Membuat adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk meningkatkan jarak penglihatan kabut. Pada layer mask, gunakan soft brush warna hitam untuk menghapus kabut di atas area pohon tanaman.Langkah ini adalah untuk menciptakan jarak antara batu dan bagian dasar lanskap dan meningkatkan kedalaman serta suasana pemandangan.
5. Menggabungkan Ksatria dan Kuda
Langkah 1
Buka foto ksatria. Ksatria di gambar ini tampak seolah-olah dia
sudah siap untuk pertempuran, sedangkan kita ingin dia tetap tenang
untuk menikmati keindahan pemandangan. Itu terlalu sulit untuk
menemukan foto dengan pose mirip dengan yang di sketsa, jadi saya
memutuskan untuk menggabungkan beberapa foto untuk mendapatkan apa yang
saya inginkan. Pertama menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk memilih ksatria dan punggung kuda, dan kemudian tekan Control-J duplikasi bagian yang dipilih menjadi layer baru. Membuat layer baru antara layer ksatria dan latar belakang, dan mengisi warna
#918989
.
Langkah 2
Buka foto kuda. Menggunakan Polygonal Lasso Tool
(atau alat lainnya yang Anda terbiasa dengannya) untuk memilih kuda
dan drag ke gambar ksatria. Menempatkan layer ini di bawah ksatria dan
menggunakan Control-T untuk mengecilkan ke ukuran yang sesuai.
Langkah 3
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation (atur sebagai Clipping Mask) untuk layer kuda, dan mengatur Saturation ke -55 dan Lightness ke +1.
Langkah 4
Menambahkan adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menerangi bagian kuda.
Langkah 5
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Soft Light 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool dan Burn Tool memperbaiki kontras pada kuda: menerangi bagian bayangan dan menggelapkan cahaya menyorot.
Langkah 6
Membuat layer baru dan menggunakan soft round brush dengan warna #e6e6e6
untuk melukis pada bayangan di bawah kepala kuda untuk menerangi sedikit lagi. Mengubah layer mode ke Soft Light 100%.
Langkah 7
Kembali pada layer ksatria. Menuju ke Edit > Puppet Warp dan
drag poin pada lengan dan lengan bawah ke pahanya. Tujuannya adalah
untuk membuat lengan terlihat seolah-olah itu memegang tali kekang
(kita akan menambahkannya di langkah berikutnya).
Langkah 8
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100%, dan fill with 50% gray. Menerapkan Dodge Tool dan Burn Tool pada lengan baju dan mantel untuk memperbaiki bayangan/cahaya ada.
Langkah 9
Pada layer baru, menggunakan soft black brush dengan Opacity sekitar 40% untuk melukis bayangan pada lengan baju.
Langkah 10
Membuat layer baru dan mengaktifkan Clone Tool (S), ingat untuk periksa opsi All Layers. Menggunakan alat ini untuk clone di atas lubang antara lengan baju dan mantel di mana dibuat setelah menerapkan Puppet Warp.
Langkah 11
Buka foto kekang. Mengambil kekang hanya menggunakan Polygonal Lasso Tool dan menambahkannya ke kuda dalam dokumen ksatria. Menggunakan Warp Tool (Edit > Transform > Warp) untuk melengkung kekang sedikit agar sesuai dengan kepala kuda.Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan hard brush warna hitam untuk menghapus detail yang tidak diinginkan.
Langkah 12
Membuat adjustment layer Hue/Saturation untuk mengubah warna kekang. Mengubah Saturation ke +20 dan Hue ke -17 untuk mendapatkan warna sama pada kekang.
Langkah 13
Menambahkan adjustment layer Curves untuk
menggelapkan bagian kekang sedikit. Pada layer mask ini, menggunakan
soft brush warna hitam untuk menghapus efek yang gelap pada area yang
sudah gelap.
Langkah 14
Membuat dua layer baru di atas semua layer. Pada pertama, menggunakan hard round brush dengan warna #3f1d20
, dan pada kedua menggunakan warna yang lebih terang (#a1403c
) untuk melukis bagian kekang yang hilang di mana ksatria memegang di tangannya.
Langkah 15
Membuat layer baru dan menggunakan hard round brush dengan warna #f8f8f4
dan ukuran sekitar 2–5 px untuk melukis bulu lebih banyak untuk kepala kuda.Langkah 16
Membuat layer baru dan menggunakan hard round brush dengan warna#decab7
untuk melukis ekor kuda. Pada layer baru, menggunakan warna lebih terang untuk brush (
#f8f8f4
) dan melukis bulu yang lebih terang pada bagian ekor.
Langkah 17
Membuat layer baru di bawah tali kekang, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk melukis bayangan kekang di kepala kuda.Mematikan latar belakang dan mengisi layer, dan kemudian tekan Control-Alt-Shift-E untuk menggabungkan semua layer terlihat menjadi satu yang baru.
6. Menambahkan Ksatria dan Kudanya
Langkah 1
Memindahkan ksatria ke dalam dokumen lanskap, dan menempatkannya ke batu.Membuat adjustment layer Hue/Saturation untuk ksatria (atur sebagai Clipping Mask) dan mengubah pengaturan pada Reds dan Cyans.
Langkah 2
Menambahkan adjustment layer Color Balance (atur sebagai Clipping Mask) dan mengubah nilai Midtones.Langkah 3
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menggelapkan bagian belakang ksatria dan kuda. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian depan mereka ketika sedang diterangi oleh sinar matahari.Langkah 4
Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool untuk mencerahkan bagian depan ksatria dan kuda, dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian belakang.Langkah 5
Membuat sebuah layer yang baru di bawah layer ksatria. Menggunakan soft brush warna hitam dengan Opacity sekitar 40% untuk melukis bayangan halus kecil di bawah kaki kuda.Nama layer ini "shadow 1".
Langkah 6
Kita telah menentukan sumber cahaya dari bagian kanan atas pemandangan, sehingga ksatria dan kuda harus memiliki bayangan di belakang. Membuat layer baru di bawah shadow 1, dan tahan tombol Control sambil klik thumbnail layer ksatria untuk memuat selection.Isi layer ini dengan hitam (Shift-F5). Menuju ke Edit > Transform > Flip Vertical.
Pada layer bayangan ini, menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk memilih kaki belakangnya, dan kemudian klik kanan selection ini dan pilih Layer via Cut.
Mengubah kedua layer ini menjadi Smart Objects. Menggunakan Control-T untuk memutarbalikkan bagian bayangan ini untuk sesuai dengan posisi kaki yang berkorelasi.
Menurunkan Opacity dari layer bayangan ini ke 50%. Pada setiap layer bayangan, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius ke 4 px.
Menambahkan mask untuk layer bayangan dipotong seperti kaki, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus area yang tumpang tindih dengan bayangan kaki.
Menggunakan layer mask untuk mengurangi opacity pada bagian atas layer bayangan:
7. Menambahkan Istana
Langkah 1
Buka foto istana. Menggunakan Magic Wand Tool (W) untuk memilih istana dan drag ke dokumen lanskap kita. Menempatkan istana di atas pegunungan berkabut.Menambahkan mask pada layer ini, dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus tepi yang keras dan membuatnya pudar pada pegunungan.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menggelapkan istana. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian atas istana, sebagaimana mestinya lebih terang dari bawah.Langkah 3
Membuat adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi Saturation ke -66.Langkah 4
Untuk menyesuaikan kontras istana dengan gunung, menuju ke Layer > New Fill Layer > Solid Color dan mengambil warna dari latar belakang berkabut (#bec2c5
). Menurunkan Opacity layer ini ke 60% untuk membuat istana berbaur dengan halus dalam pemandangan.8. Menambahkan Elang
Langkah 1
Buka foto elang 1. Memilih elang menggunakan Magic Want Tool dan menambahkan elang ke sisi kiri gambar. Membalikkan secara horizontal dengan menggunakan Edit > Transform > Flip Horizontal.Tekan Control-J untuk duplikasi layer ini. Memiindahkan yang duplikat ke bagian bawah tepi pada latar depan dan memperbesar ukurannya.
Langkah 2
Pada layer duplikat elang, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius 8 px.Langkah 3
Membuat semua layer elang terpilih, dan kemudian tekan Control-G untuk menjadi satu grup. Mengubah grup mode dari Pass Through (mode default grup) ke Normal 100%. Untuk menghapus biru semu pada elang, membuat adjustment layer Hue/Saturation pada layer ini. Memilih channel Blues dan mengubah Hue ke +49, Saturation ke -75 dan Lightness ke -38.Karena grup mode berubah ke Normal 100% (no Pass Through), penyesuaian layer ini hanya mempengaruhi layer dalam grup (elang).
Langkah 4
Membuat adjustment layer Color Balance dalam grup, dan mengubah pengaturan Midtones dengan meningkatkan nilai Red dan Yellow. Pada layer mask, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi efek pada adjustment layer pada sayap elang yang lebih besar di latar depan.Langkah 5
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menerangi elang. Pada layer mask, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian bawah elang untuk menyeimbangkan badan mereka kontras (atas lebih terang, dan bawah lebih gelap).Langkah 6
Membuat layer baru di atas layer elang yang lebih kecil (atur sebagai Clipping Mask), mengubah mode ke Overlay 100% dan fill with 50% gray. Menggunakan Dodge Tool untuk menerangi ekor dan Burn Tool untuk menggelapkan bagian perut.Langkah 7
Buka foto elang 2. Memisahkan elang dari latar belakang menggunakan Magic Wand Tool dan menambahkan ke atas langit, di atas istana.Langkah 8
Menggunakan adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) untuk menerangi elang.Langkah 9
Membuat adjustment layer Hue/Saturation dan mengubah pengaturan Cyans untung mengurangi warna cyan pada sayap elang.9. Color Adjustment Dasar
Langkah 1
Membuat adjustment layer Gradient Map di bagian atas layer, memilih warna#0f264b
dan #d3ce97
, dan mengubah mode layer ini ke Soft Light 100%.Langkah 2
Membuat adjustment layer Color Balance, dan mengubah pengaturan Midtones dan Highlights.Langkah 3
Menuju ke Layer > New Fill Layer > Solid Color dan memilih warna#2e2001
. Mengubah layer mode ke Exclusion 100%.Langkah 4
Menggunakan adjustment layer Curves untuk menggelapkan pemandangan.Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi kontras dari bagian atas pemandangan, kebanyakan pegunungan, pepohonan dan elang.
10. Menambahkan Sinar Matahari
Langkah 1
Membuat layer baru di atas layer, dan mengubah warna latar depan ke#2c1602
. Mengambil soft round brush dan melukis di atas pemandangan dimana Anda bertujuan membuat cahaya. Mengubah layer mode ini ke Linear Dodge 100%.Pada layer baru menggunakan mode yang sama, menggunakan brush yang sama untuk melukis pepohonan, pegunungan, istana dan elang pada bagian tengah.
Langkah 2
Mengubah warna brush ke#dccdc0
dan
mulai melukis cahaya pada bagian depan batu, ksatria dan kuda. Juga
menggunakan brush yang sama untuk melukis pohon, istana, dan bagian
sisi pegunungan dimana tertangkap cahaya. Mengubah layer mode ke Overlay 100%.Langkah 3
Mengubah jenis brush sinar cahaya dan warna ke#fdf3ea
. Memilih brush yang Anda suka dan melukis di atas canvas.Menggunakan Control-T untuk mendistorsi cahaya sedikit, dan menempatkannya di area sinar matahari.
Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus bagian sinar cahaya yang tidak diinginkan, seperti di bagian belakang pegunungan, elang yang di tengah, dan batu.
Untuk melembutkan cahaya sedikit, menuju ke Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius 6 px.
11. Penyesuaian Akhir
Langkah 1
Membuat adjustment layer Gradient Map dan pilih warna#db9d68
dan #2c1602
. Mengubah layer mode ini ke Soft Light 100%.Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi efek Gradient Map pada sisi pemandangan.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Channel Mixer dan mengubah pengaturan Red.Atur layer mode ini ke Soft Light 50%. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush untuk mengurangi efek adjustment layer ini pada area matahari dan belakang batu.
Langkah 3
Buat adjustment layer Selective Color dan mengubah nilai untuk Yellows, Greens dan Neutrals.Langkah 4
Membuat adjustment layer Vibrance untuk meningkatkan warna.Langkah 5
Menggunakan adjustment layer Selective Color lainnya untuk menambahkan warna biru/magenta pada pemandangan.Langkah 6
Membuat adjustment layer Photo Filter dan memilih warna#01e9ec
.Langkah 7
Membuat adjustment layer Vibrance lainnya untuk menaikkan warna.Pada layer mask ini menggunakan brush hitam untuk menghapus atau mengurangi efek pada area yang terasa lebih saturated.
0 Comments:
Posting Komentar