Dalam
tutorial ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara untuk membuat
adegan kehancuran kota. Anda akan belajar cara untuk menghancurkan
sebuah kota dengan menambahkan elemen-elemen yang rusak, hancur dan
membaurkan mereka dengan menggunakan adjustment layers, masking, dan
brushes.
Anda juga akan belajar beberapa kiat mudah untuk membuat adegan
terlihat kotor, menyesuaikan cahaya dan kontras dan menciptakan suasana
yang gelap dan menghantui. Dengan mengikuti tutorial ini Anda akan
belajar cara bekerja dengan grup, mengelola layer Anda dan memberi
perhatian ke detail.
Aset Tutorial
Aset yang digunakan selama pembuatan dalam tutorial ini sebagai berikut:
Membuat dokumen baru ukuran 2200 x 1500 px dengan pengaturan berikut:
Langkah 2
Membuka gambar kota. Drag gambar ini ke canvas putih menggunakan Move Tool (V).
Langkah 3
Membuka gambar langit 1. Menggunakan Move Tool untuk menempatkannya di atas kota dan menggunakan Free Transform Tool (Control-T) untuk memutar sedikit:
Klik icon kedua di bagian bawah panel Layers
untuk menambahkan mask untuk layer ini. Menggunakan soft round brush
dengan warna hitam (soft black brush) untuk menghapus tepi keras dan
membaurkan langit dengan kota, meninggalkan efek berawan di atas gedung.
Berikut adalah hasil pada layer mask dan gambar:
Langkah 4
Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation dan mengatur sebagai Clipping Mask untuk mengurangi saturation langit sedikit. Menuju ke Layer > New Adjustment Layer > Hue Saturation dan mengubah nilai Saturation ke -42:
Langkah 5
Kembali ke layer kota dan menambahkan mask untuk itu. Mengubah jenis
brush untuk grunge dan menyesuaikan pengaturan dengan menekan F5. Melukis dengan beberapa brush yang berbeda pada area yang ingin Anda hancurkan, sebagian besar bagian atas dan sisi bangunan.
Langkah 6
Ada beberapa detail yang tidak diinginkan pada jendela bangunan. Membuat layer baru (atur sebagai Clipping Mask) dan menggunakan Clone Tool (S) untuk menghilangkan detail ini.
Langkah 7
Membuat layer baru, mengubah mode ke Overlay 100% dan fill with 50% gray : Pilih Burn Tool (O) dengan Midtones Range, Exposure sekitar 15-20% untuk menggelapkan
tepi kiri bangunan (dari viewer), dan juga memberikan kembali bangunan
kesan kotor. Anda dapat melihat bagaimana saya melakukannya dengan mode Normal dan hasil dengan mode Overlay:
Langkah 8
Membuat adjustment layer Hue/Saturation (atur sebagai Clipping Mask) dan menurunkan nilai Saturation ke -45:
Langkah 9
Membuat adjustment layer Curves dan mengurangi pencahayaan sedikit. Pada
layer mask, menggunakan keduanya soft dan hard brushes warna hitam
untuk menghilangkan efek pada bagian sisi dan bagian bawah bangunan.
2. Menambahkan Puing-Puing
Langkah 1
Membuka gambar puing-puing. Memilih bagian puing-puing menggunakan Magic Wand Tool (W). Menempatkan puing-puing pada bagian atas tengah bangunan dan menggunakan Control-T untuk memutarnya sedikit. Mengatur layer ini di bawah kota.
Langkah 2
Duplikasi layer ini beberapa kali dan menggunakan Control-T
untuk mengubah ukuran jika diperlukan. Kemudian mengatur mereka di
sekitar bagian atas dan sisi bangunan di mana Anda telah menerapkan
brushes grunge. Cobalah untuk menunjukkan berbagai sudut, gerakan dan
tepi bagian puing-puing untuk menghindari tampilan yang seragam.
Langkah 3
Menggunakan adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask)
dan meningkatkan kekaburan puing-puing pada bagian di sisi tertinggi
bangunan agar sesuai dengan kontras dan pencahayaan di sana.
Langkah 4
Memilih semua layer puing-puing dan tekan Control-G untuk menjadi satu grup. Mengubah mode grup ini dari Pass Through (mode standar grup) ke Normal 100%. Membuat adjustment layer Hue/Saturation dalam grup ini dan mengubah Saturation ke -73.
Langkah 5
Membuat adjustment layer Curves dan meningkatkan pencahayaan. Pada
layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi
pencahayaan di sisi bawah puing-puing karena bagian yang lebih tinggi
mendapatkan lebih pencahayaan daripada yang lebih rendah.
Langkah 6
Membuat adjustment layer Curves dan meningkatkan kekaburan. Pada
layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk menghapus efek
kabur di tepi bawah puing-puing dan satu di sisi bangunan tertinggi.
3. Menambahkan Palang Besi
Langkah 1
Dari langkah ini dan seterusnya, kita akan menambahkan lebih banyak
yang rusak, elemen hancur untuk bangunan dan pengaturan semua layer di
atas layer kota tetapi di bawah satu langit.
Membuka gambar palang besi. Menggunakan Magic Wand Tool untuk memilih palang di langit-langit dan menempatkan mereka di puncak gedung kiri. Putar bagian ini menggunakan Control-T. Menambahkan mask pada layer ini dan menggunakan soft brush warna hitam untuk membaurkan dengan bagian puing-puing.
Langkah 2
Duplikasi layer ini berkali-kali. Menambahkan beberapa ke bagian
palang pertama dan memindahkan sisanya ke sisi lain dari bangunan ini,
pada bagian atas tengah. Menggunakan layer mask dan memutar mereka jika
diperlukan untuk mendapatkan tampilan area yang rusak.
Langkah 3
Membuat grup untuk layer palang seperti yang dilakukan dengan puing-puing. Membuat adjustment layer Hue/Saturation dan mengubah nilai Saturation ke -88 untuk mengurangi kemerahan mereka.
Langkah 4
Membuat adjustment layer Curves untuk meningkatkan efek kabur untuk palang.
4. Menambahkan Reruntuhan dan Jendela
Langkah 1
Buka gambar reruntuhan bangunan 1. Memilih bagian gambar ini menggunakan Polygonal Lasso Tool (L). Menempatkan bagian ini ke bagian atas gedung kiri, menggunakan Control-T untuk memutar itu agar sesuai dengan perspektif bangunan ini.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Hue/Saturation (atur sebagai Clipping Mask) dan mengurangi nilai Saturation ke -89.
Langkah 3
Membuat adjustment layer Curves (atur sebagai Clipping Mask) dan meningkatkan pencahayaan. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi pencahayaan pada bagian sisi dan bawah bagian ini.
Langkah 4
Membuka gambar reruntuhan bangunan 2. Memilih bagian bangunan menggunakan Magic Wand Tool dan menempatkan di bagian atas sebelah kiri bangunan (di bawah bagian reruntuhan bangunan 1). Menambahkan mask untuk layer ini dan menggunakan soft brush hitam untuk berbaur dengan bagian fasad bangunan.
Langkah 5
Duplikasi layer ini beberapa kali dan menyusun gambar di atas bagian fasad bangunan, dan mengubah ukuran dengan Control-T. Menambahkan mask pada setiap layer dan menghapus detail secara acak pada mereka untuk membuat mereka tampak berbeda.
Langkah 6
Ambil bagian dari gambar reruntuhan bangunan 2, meletakkan di tepi bangunan tertinggi, dan putar menggunakan Control-T .
Langkah 7
Pilih bagian yang lebih besar dari gambar asli dan menempatkan itu
lebih tinggi dari bagian pertama. Menambahkan mask untuk layer ini dan
menghapus detail yang tidak perlu menggunakan soft brush warna hitam.
Langkah 8
Terus mengambil bagian lain dari yang asli dan menempatkan mereka di
sepanjang gedung, menggunakan teknik yang sama untuk memadukan mereka
dengan bangunan dan bagian hancur lainnya.
Langkah 9
Membuat grup untuk empat layer ini dan mengubah mode ke Normal 100%. Membuat adjustment layer Curves untuk mengurangi kontras mereka.
Langkah 10
Membuat grup untuk semua layer yang diambil dari gambar reruntuhan
bangunan 2, termasuk yang dari empat langkah sebelumnya. Membuat
adjustment layer Curves dalam grup ini untuk
menggelapkan daerah hancur. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush
hitam untuk mengurangi efek pada detail yang lebih gelap dari yang Anda
harapkan dan mencocokkan kontras dengan lingkungan.
Langkah 11
Kembali ke gambar reruntuhan bangunan 2. Pilih beberapa palang besi dan menempatkan mereka di atas puncak gedung tengah. Membaurkan palang dengan bagian puing-puing menggunakan layer mask. Duplikasi layer ini dan mengubah ukuran menjadi lebih kecil. Memindahkan palang ke sisi lain bangunan.
Langkah 12
Membuat grup untuk kedua layer ini. Menggunakan adjustment layer Hue/Saturation dan mengubah Saturation ke -100 untuk menghilangkan biru semu sama sekali.
Langkah 13
Membuka gambar jendela pecah. Memilih dua dari mereka menggunakan Rectangular Marquee Tool (M). Menempatkan
mereka dalam fasad bangunan kembali dan menggunakan Control-T untuk
mengubah mereka mengikuti perspektif jendela yang ada di sana.
Langkah 14
Terus mengambil jendela lain untuk menambahkan pada bagian fasad bangunan. Berikut adalah hasil saya untuk referensi:
Langkah 15
Membuat grup untuk jendela layer ini. Membuat adjustment layer Hue/Saturation dan mengurangi Satuation ke -80:
Langkah 16
Menggunakan adjustment layer Curves dan meningkatkan pencahayaan. Pada
layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam untuk mengurangi
tingkat pencahayaan dan kabut pada jendela yang terlalu terang atau
kabur dibandingkan dengan lingkungan.
Langkah 17
Menggunakan adjustment layer Curves untuk membuat beberapa jendela lebih gelap. Pada layer mask ini, mengurangi atau menghilangkan efek pada area Anda merasa terlalu gelap atau memiliki terlalu kontras.
5. Menambahkan Lubang
Langkah 1
Membuka gambar lubang 1. Drag ke bagian fasad bangunan kiri menggunakan Move Tool. Menggunakan layer mask untuk menghapus tepi keras dan berbaur dengan fasad bangunan.
Langkah 2
Duplikasi layer ini dan memperbesarnya. Menempatkannya di bawah
lubang pertama dan menggunakan layer mask untuk menghapus detail yang
tidak perlu.
Langkah 3
Duplikasi layer ini lagi dan memindahkannya ke gedung tengah, menggunakan Control-T untuk memutar itu.
Langkah 4
Membuat grup untuk layer lubang ini. Menambahkan adjustment layer Hue/Saturation dan mengubah nilai Saturation ke -87.
Langkah 5
Menggunakan adjustment layer Curves dan mengurangi
pencahayaan. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush warna hitam
untuk menghapus lubang di kiri bangunan karena mereka terlihat terlalu
gelap.
Langkah 6
Menempatkan gambar lubang 2 pada bagian fasad bangunan sebelah kiri dan menggunakan layer mask untuk menghaluskan tepi.
Langkah 7
Duplikasi layer ini empat kali dan menyusun lubang di sekitar fasad bangunan. Mengubah ukuran dan mengubah mereka dengan Control-T untuk membuat mereka terlihat berbeda.
Langkah 8
Grup semua layer lubang tersebut ke dalam folder. Menambahkan adjustment layer Hue/Saturation dan mengubah Saturation ke -100.
Langkah 9
Membuat adjustment layer Curves untuk menggelapkan lubang.
Langkah 10
Dengan lubang di gedung tertinggi, mereka terlihat terlalu gelap dan
memiliki terlalu kontras dibandingkan dengan fasad bangunan, sehingga
grup ini menjadi sebuah folder baru. Menggunakan adjustment layer Curves untuk meningkatkan efek kekaburan.
Langkah 11
Drag gambar lubang 3 pada bagian atas kiri bangunan dan mengubah ukurannya dengan Control-T. Menggunakan layer mask untuk membuatnya memudar ke fasad bangunan.
Langkah 12
Duplikasi layer ini dan memindahkan ke bagian tengah gedung, di atas lubang yang ada.
Langkah 13
Membuat grup untuk layer lubang ini dan menggunakan adjustment layer Hue/Saturation untuk desaturate mereka.
Langkah 14
Membuat adjustment layer Curves untuk menggelapkan
lubang. Pada layer mask, menggunakan soft brush warna hitam untuk
menghapus detail yang lebih gelap dari yang diharapkan.
6. Menciptakan Suasana Dasar
Langkah 1
Membuat adjustment layer Curves pada bagian atas semua layer, termasuk langit, dan mengurangi pencahayaan. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush hitam dengan Opacity dari 10% menjadi 50%
untuk mengurangi atau menghilangkan kontras gelap di bagian bawah kota
dan sisi bangunan agar sesuai dengan arah cahaya dari langit (dari kanan
atas ke kiri bawah).
Langkah 2
Menambahkan adjustment layer Curves lainnya dan
mengurangi pencahayaan lagi. Ini sebagian besar untuk langit,
bagaimanapun, jadi menghapus sisanya menggunakan layer mask.
Langkah 3
Buka gambar langit 2 dan drag ke dokumen kerja kita menggunakan Move Tool. Kita akan menggunakannya untuk membuat beberapa kabut. Menambahkan
mask untuk layer ini dan menggunakan soft brush hitam untuk
membersihkan daerah langit di atas bangunan dan meninggalkannya di suatu
tempat yang terlihat di bagian bawah. Cobalah untuk tidak berlebihan
atau membuat kabut terlalu tebal dan intens karena akan terlihat tidak
alami. Kita hanya perlu efek halus!
7. Penyesuaian Akhir
Langkah 1
Membuat adjustment layer Gradient Map dan memilih warna #2e4657 dan #30c7ff. Mengubah layer mode ini ke Soft Light 100%.
Langkah 2
Membuat adjustment layer Color Balance dan mengubah pengaturan Midtones dan Highlights untuk meningkatkan warna bayangan dan cahaya dari adegan.
Langkah 3
Menambahkan adjustment layer Curves dan meningkatkan
pencahayaan. Pada layer mask ini, menggunakan soft brush hitam untuk
menghapus bagian bawah dan sisi adegan untuk menciptakan kontras yang
bagus dan suasana untuk seluruh adegan.
Langkah 4
Koreksi detail akhir: Buat layer baru dan menggunakan soft brush dengan warna #bbc9bb melukis di tepi kanan dekat gedung tertinggi untuk menggelapkan sedikit. Mengatur mode layer ini ke Multiply 100%.
Selamat, Anda Sudah Selesai!
Berikut adalah hasil yang Anda harus mendapatkan dengan tutorial ini.
Saya harap Anda menikmati dan belajar beberapa teknik-teknik baru. Jika
Anda memiliki pertanyaan atau ide, jangan ragu untuk meninggalkan
mereka di kotak komentar di bawah.
0 Comments:
Posting Komentar