1. Dari tampak atas, pertama buatlah sebidang tanah dengan menggunakan rectangle dengan ukuran 12 x 9.
Command: rectangle
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (klik di sembarang titik)
Specify other corner point or [Dimensions]: @12,9
2. Lalu offsetlah sejauh 1 ke arah dalam .
Command: offset
Specify offset distance or [Through] <1 .0000="">: 1 (ENTER)1>
Select object to offset or : (klik pada objek yang akan di offset)
lalu tarik ke arah dalam.
3. Lalu
buatlah sketsa ruangan-ruangan seperti gambar dibawah dengan
menggunakan rectangle. Dengan ukuran kamar 3 x 3, kamar mandi luar 2 x
2, ruang tamu 6 x 4.
4. Dan gunakan offset pada bagian rectangle – rectangle tadi, sejauh 0.1 ke arah dalam. Lihat gambar di bawah ini.
5. Kemudian gunakan perintah EXTRUDE agar tampak seperti bangunan dan buatlah tingginya 3.5 .
EXTRUDE
Current wire frame density: ISOLINES=4
Select objects: Specify opposite corner: 12 found (klik objek yg akan di ext)
Select objects: (ENTER)
Specify height of extrusion or [Path]: 3.5
Specify angle of taper for extrusion <0>: (ENTER)0>
Lalu lihatlah dengan menggunakan SE ISOMETRIC .Lihat gambar di bawah.
6. Lalu
lubangilah bagian-bagian ruangan dengan menggunakan perintah SUBSTRAC.
Pertama-tama substrac lah bagian dinding terluar ruangan,
Command: subtract
SUBTRACT Select solids and regions to subtract from ..
Select objects: 1 found (klik bagian yang dinding yang tidak mau di lobangi)
Select objects: (enter)
Select solids and regions to subtract ..
Select objects: 1 found(klik bagian yang akan di lobangi)
Select objects: (enter)
Lihat dengan tampak atas dan klik flat shaded agar terlihat ruangan berlubang.
7. Lalu
lubangilah ruangan yang lain dengan menggunakan perintah yang sama
seperti no.6 sehingga gambar akan terlihat seperti dibawah ini. Ingin
melihat hasilnya gunakan flat shaded dan 3D orbit (viewà3D orbit).
8. lalu
buatlah pintu dan jendela dengan menggunakan rectangle lalu di extrude
dan di subtrac. Dari hadapan front view. Lihat gambar di bawah ini.
9. Lalu buatlah lubang pintu dan di jendela di bagian rumah. Dengan menggunakan perintah extrude dan subtrac.
Pertama-tama buatlah rectangle dengan ukuran (pintu
n ventilasi)1 x 0.12 dan ukuran (jendela) 1.5x 0.12. dan untuk mengatur
letak jendela agar berada di tengah – tengah, tukarlah elevasinya dari
perintah properties menjadi 1.00 . dan untuk ventilasi 2.5.
Lalu extrude lah pintu dengan tinggi 2.5, ventilasi 0.5, dan jedela 1.5
Lihat gambar di bawah ini.
10. Lalu pindahkanlah pintu-pintu dan jendela pada bagian-bagian yang telah di lubangi tadi dengan menggunakan perintah move.
11. Lalu
untuk membuat atap, buatlah rectangle 11 x 8. Sebelum di extrude, lihat
lah elevasinya, jika masih nol, ubahlah menjadi 3.7 . Lalu extrude lah
setinggi 3, dan extrusion nya 65. Sehingga terlihat seperti gambar
dibawah ini.
12. Lalu move lah atap tersebut ke bagian rumah tadi. Sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.
13. Lalu arsirlah atap, agar terlihat nyata.dengan cara :
Tools à New UCS à 3 point
Lalu klik 3 titik yang akan di arsir.
Setelah itu beri perintah BHATCH, dan pilihlah jenis arsiran yang sesuai dengan atap.
Dan atur skala nya menjadi 0.08
Setelah itu klik Pick points, klik lah daerah yang akan di arsir dan tekan (enter).
Lalu klik Select objects, dan klik beberapa bagian yang akan di arsir, (enter).
Setelah itu klik OK!!
- kemudian buatlah rectangle se ukuran atap dan terletak di bagian atap, dengan elevasi 3.5 dan extrude lah dengan tinggi 0.2.
- Berilah warna rumah sesuai keinginan.
SELESAI
0 Comments:
Posting Komentar