-
Pertama-tama buka aplikasi microsoft akses, lalu pilih blank document
-
Kedua klik viev lalu pilih design view
-
Pilih data type sesuai kebutuhan. Di gambar ini saya menggunakan data type yes/no untuk menentukan iya atau tidak bahwa si pembeli berhutang
-
Tabel berikutnya tabel hutang, dimana guna tabel hutang ini hanya bisa melihat orang yang berhutang saja.
-
Setelah membuat beberapa tabel, selanjutnya membuat form. Form berguna untuk mengatur tampilan inpput data agar lebih menarik. Form bisa dibentuk sedemikian rupa, lebih mudah digunakan.
-
Saya akan membuat tombol/button untuk menyimpan data dan tombol untuk melanjutkan ke data isian form berikutnya. Pilih tanda bentuk persegi yang bernama “xxx”. Disini kita akan menentukan fungsi dari tombol tersebut, karena saya akan membuat tombol simpan guna menyumpan data si pembeli maka saya akan memilih “record operation” dengan action “save record”
-
Tombol yang kedua, saya ingin tombol ini membuka form selanjutnya. Maka saya memilih “Form Operation” dengan action “Open Form”
-
Sebelumnya kita harus membuat Form dari tabel yang sudah dibuat. Tidak harus membuat semuanya, tetapi disini saya membuat Form dari tabel yang sudah dibuat. Digambar ini ada tabel “Pembeli”, “Membeli”, dan “Hutang”. Karena form yang akan diisi selanjutnya adalah data barang/barang yang akan dibeli maka saya memilih form “Membeli”.
-
Inilah beberapa gambar inputannya
-
Dan ini gambaran relationshipnya
Untuk lebih mudah memahami, di video ini akan menjelaskan lebih detail bagaimana membuat database seperti yang diatas
membuat database dengan ms access
Gantt Project Planner Ms Excel
Gantt project adalah salah satu template yang digunakan untuk manajer proyek. Di template ini Anda bisa mengatur mulai dan tanggal berakhir, dan durasi, dan mengubahnya menjadi sebuah cascading horisontal bar chart. Anda dapat dengan cepat memvisualisasikan urutan tugas yang perlu terjadi dan tugas-tugas yang bergantung pada satu sama lain. Template ini efektif ketika mengelola sebuah proyek yang kompleks dengan banyak dependensi.-
Buka Aplikasi Microsoft Excel
-
Dibagian ini kita bisa mengedit apa saja yang akan di lakukan, tanggal mulai, jangka waktu dan lain lain.
-
Beginilah tampilan akhir
Karena database saya hanya untuk toko kecil maka perencanaan hanya dilakukan kurang lebih dalam sebulan.
0 Comments:
Posting Komentar